Tari Topeng Prawirosekti



Tari Topeng Klana Prawirosekti dewasa ini sangat memprihatinkan, karena terbatasnya narasumber primer yang bisa menari, mengendang, dan mendalang Tari Topeng Klana tersebut, serta terbatasnya narasumber yang berupa referensi. Sebab Itu Tari Topeng Klana Prawirosekti perlu diteliti, karena ingin mengetahui bagaimana struktur koreografis dan makna simbolis Tari Topeng Klana tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang holistik tentang Struktur Koreografis dan makna Simbolis Tari Topeng Klana Prawirosekti. Disamping itu juga bermanfaat untuk memperkaya pemahaman tentang Struktur Koreografis dan makna Simbolis Tari Topeng Klana Prawirosekti, sebagai upaya untuk menuju tersusunnya bahan ajar tentang Struktur Koreografis dan makna Simbolis Tari Topeng Klana Prawirosekti. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan paradigma penelitian kualitatif, fenomenologis, yang berdasarkan fenomena – fenomena, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan (observasi) dan dokumentasi kepada sumber data, diantaranya penari, pengendang, dalang, dan sinden Tari Topeng Klana Prawirosekti, serta pejabat kebudayaan setempat (Mantan Kasie Kebudayaan Dikbud kota Malang). Hasil penelitian yang didapatkan dilapangan sesuai dengan yang direncanakan. Tari Topeng Klana Prawirosekti mempunyai beberapa ragam gerak, dan masing – masing ragam gerak. Tari Topeng Klana Prawirosekti mayoritas menggunakan volume besar, yang menunjukkan karakter gagah. Pola lantai yang digunaka, diantaranya kotak (segi empat), garis lurus, zig – zag lurus segi empat, lingkaran, angka delapan, dan titik. Hal ini menunjukkan keperkasaan (kekuatan), namun mempunyai rasa cinta kasih kepada sesame dan selalu ingat kepada TuhanYang Maha Esa. Tari Topeng Klana Prawirosekti banyak menggunakan Pola lantai lingkaran, karena Tari Topeng Klana Prawirosekti pada dasarnya sakral (ritual). Tari Topeng Klana Prawirosekti menggunakan desai dramatic kerucut berganda, bagaikan mendaki gunung, yang menanjak dengan berliku – liku, dan akhirnya kembali ke dasar lagi. Ini menunjukkan semangat yang menggebu – gebu (membara), namun akhirnya menyadari batas kemampuannya. Busananya mayoritas berwarna merah, baerarti menunjukkan keberanian. Topengnya berwarna hijau dinding (ijo tembok) yang menunjukkan keagungan (luhur), kesetiaan, kesucian (satria), magis dan cinta kasih. Dari uraian tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa Tari Topeng Klana Prawirosekti perlu dilestarikan, karena mempunyai struktur koreografis dan makna simbolis yang bisa memberikan kontribusi pendidikan yang berupa nilai – nilai moral dan spiritual, diantaranya : nilai kepahlawanan (patriotisme), keberanian, cinta kepada sesame dan selalu ingat kepada TuhanYang Maha Esa. Sehubungan hal tersebuat diatas disarankan agar diadakan pendokumentasian tari tradisional Jawa khas kota Malang yang berada di Sanggar Tribuana kota Malang.
Tari topeng Klana adalah gambaran seseorang yang bertabiat buruk, serakah, penuh amarah dan tidak bisa mengendalikan hawa nafsu, namun tarinya justru paling banyak disenangi oleh penonton. Sebagian dari gerak tarinya menggambarkan seseorang yang tengah marah, mabuk, gandrung, tertawa terbahak-bahak, dan sebagainya. Lagu pengiringnya adalah Gonjing yang dilanjutkan dengan Sarung Ilang. Struktur tarinya seperti halnya topeng lainnya, terdiri atas bagian baksarai (tari yang belum memakai kedok) dan bagian ngedok (tari yang memakai kedok).
Beberapa dalang topeng, misalnya Rasinah dan Menor (Carni), membagi tarian ini menjadi dua bagian. Bagian pertama, adalah tari topeng Klana yang diiringi dengan lagu Gonjing dan sarung Ilang. Bagian kedua, adalah Klana Udeng yang diiringi lagu Dermayonan.
Tari topeng Klana sering pula disebut topeng Rowana. Sebutan itu mengacu pada salah satu tokoh yang ada dalam cerita Ramayana, yakni tokoh Rahwana. Secara kebetulan, karakternya sama persis dengan tokoh Klana dalam cerita Panji. Di Cirebon, topeng Klana dan Rowana kadang-kadang diartikan sebagai tarian yang sama, namun bagi beberapa dalang topeng, misalnya Sujana dan Keni dari Slangit; Sutini dari Kalianyar dan Tumus dari Kreo; membedakan kedua tarian tersebut, hanya kedoknya saja yang sama. Jika kedok Klana yang ditarikan itu memakai kostum irah-irahan atau makuta Rahwana di bagian kepalanya dan di bagian punggungnya memakai badong atau praba, maka itulah yang disebut topeng Rowana. Kostumnya jauh berbeda dengan topeng Klana dan kelihatan sangat mirip dengan kostum tokoh Rahwana dalam wayang wong. 
Dalam pertunjukan topeng hajatan, yakni setelah tari topeng tersebut selesai, penari biasanya melakukan nyarayuda atau ngarayuda, yakni meminta uang kepada para penonton, tamu undangan, pemangku dan panitia hajat, para pedagang, dan lain-lain. Ia berkeliling seraya mengasong-asongkan kedok yang dipegang terbalik–bagian dalamnya terbuka dan bagian wajahnya menghadap ke bawah–dan kedok berubah fungsi menjadi wadah uang. Mereka memberikan uang seikhlasnya tanpa merasa ada suatu paksaan. Setelah merasa cukup, penari kembali ke panggung dan sebagai rasa terima kasih, ia kembali mempersembahkan beberapa gerakan tari topeng Klana, sebagai tarian ekstra.
Nyarayuda atau ngarayuda adalah sebuah pesan moral atau simbol yang mengingatkan kita tentang bagaimana sebaiknya berkehidupan di masyarakat. Klana adalah seorang raja yang kaya raya, yang tak kurang suatu apapun, namun ia masih merasa kekurangan, merasa segalanya belum cukup, sehingga ia tetap berusaha untuk mengambil sebanyak-banyaknya harta tanpa memperdulikan apakah itu hak atau batil. Itulah sebenarnya pesan yang ingin disampaikan nyarayuda, yang artinya bukan semata-mata mengemis. Hidup, sebaiknya lebih banyak memberi daripada lebih banyak meminta. Itulah pesan yang ingin disampaikan.


Posting Komentar

0 Komentar